Posted on

Google Podcast; Belajar Apa Saja Jadi Mudah, Tinggal Tune-in!

Google Podcast, belajar apa saja jadi mudah!

Google Podcast adalah sebuah aplikasi podcast yang dikeluarkan Google beberapa bulan ke belakang, lebih tepatnya sekitar bulan Juni 2018 ini.

Buat kamu yang belum tahu apa itu podcast mungkin ada baiknya saya memberi sedikit gambaran ya, soalnya pastinya judul artikel ini sudah lumayan membuat penasaran, kan?

Bagaimana bisa sebuah aplikasi bernama Google Podcast ini bisa memudahkan kamu dalam belajar apa saja? Bisa meluaskan wawasan dan update berbagai hal yang barangkali menjadi passion kamu?

Apa itu Google Podcast?

Google Podcast, belajar apa saja jadi mudah!

Secara sederhana podcast mirip dengan siaran radio, atau YouTube versi audio saja. Untuk menikmatinya pun saya juga seperti menyimak siaran radio, biasanya saat saya sedang bersih-bersih lingkungan rumah atau dalam perjalanan, sambil motoran mendengarkan berbagai materi pilihan saya dalam volume sedang.

Iya memang hanya seperti mendengarkan radio, yang membedakan adalah dengan aplikasi ini kita bisa memilih podcast apa yang kita subscribe. Konten yang dihadirkan sebuah podcast juga cenderung tematik dan isinya relatif jarang dipublikasikan orang dalam bentuk artikel kebanyakan. Media audio adalah materi yang juga ringan dan mudah dicerna, dibanding teks kemasan audio juga bisa memuat lebih banyak informasi yang tersampaikan.

Perkenalan dengan Podcast

Awalnya saya mengenal podcast ini dari salah satu blog marketing yang awalnya sering membahas copywriting, pada akhirnya banyak author di blog tersebut yang beralih dan atau mereproduksi konten mereka ke dalam bentuk podcast. Pada saat itu saya belum begitu tertarik untuk mengkonsumsi konten yang disajikan dalam bentuk berbeda ini.

Karena mungkin memang untuk membuka sebuah halaman web, lalu menyempatkan untuk mengetikkan alamat podcast dan memilih episode mana untuk di dengarkan secara utuh tanpa melakukan apa-apa di depan laptop adalah hal yang sangat menyita waktu, tenaga dan perhatian.

Saya baru mencoba-coba menyimak beberapa podcast saat 2 tahun lalu memakai iPhone jadul sebagai ponsel harian saya. Karena ada aplikasi bawaan untuk mendengarkan podcast ini, dan iTunes juga merupakan salah satu tempat dimana content creator meng-upload podcast mereka.

Keunikan Google Podcast

Nah, kalau di iTunes nampaknya content creator harus memiliki sebuah channel yang bisa di subscribe dari aplikasi Podcast bawaan iPhone, Google Podcast sepertinya tidak demikian. Mungkin karena didasari dengan kekayaan data yang dimiliki Google mengenai ratusan juta website yang ada di dunia, nampaknya saat membuka aplikasi Google Podcast ini lalu kita search nama podcast tertentu, pasti akan langsung muncul.

Misal ketik saja Ukramedia, Akimbo (marketing podcast Seth Godin)  atau berbagai podcast lain dari nama besar broadcasting seperti BBC, NPR dan lainnya, pasti akan ada hasilnya. Semisal belum ada podcast yang kita ikuti, kita juga bisa melihat dari daftar podcast yang sedang hits, mulai populer dan sebagainya.

Google Podcast Recommendation

Dengan kenyataan seperti ini, semisal kamu memiliki atau menemukan sebuah blog baru yang sangat menarik topik dan ulasannya, lalu kebetulan ada juga podcast yang diterbitkan secara berkala oleh si empunya blog, maka akan jadi sangat mudah bagi kamu belajar dari blog-blog ini dari sana.

Bisa belajar apa saja dari Google Podcast?

Well, kalau kamu bertanya kira-kira bisa belajar apa dengan menggunakan Google Podcast, menurut saya hampir apa saja bisa. Saya sendiri bahkan ada mengikuti podcast tentang freelancing, design dan motion graphic, kajian Islam dari Mufti ismail Menk dan Nouman Ali Khan. Kalau mau belajar sejarah Islam, grammar, atau mencari inspirasi dari TED Talks dan mencari tips biar bisa bekerja lebih efisien juga sangat bisa sekali.

Subscribe di Google Podcast

Jadi memang seolah limitless peluang personal development yang bisa kamu dapatkan dengan menginstall aplikasi Google Podcast ini lalu memilih materi terbaik yang ada di belahan bumi ini.

Kelemahan dari Google Podcast ini menurut saya lebih kepada ada tidak pembuat konten pada topik yang kita sukai yang membuat podcast. Kalau topik yang dibahas berkaitan dengan komputer, internet, online marketing dan design sepertinya lumayan banyak. Untuk topik yang lain saya sendiri masih kurang menjelajahi.

Konten Berbahasa Indonesia Masih Jarang

Jika kamu hanya bisa menyimak dengan baik pembahasan/percakapan dalam bahasa Indonesia, maka ini adalah sebuah kemalangan, karena sangat sedikit content creator di Indonesia yang sebegitu expert dalam mengulas topik harian di webnya ke dalam bentuk podcast sepertinya.

Tinggalkan Balasan