Posted on

Memulai Rutinitas Pagi Ala Orang – Orang Sukses di Dunia

Memulai Rutinitas Pagi Ala Orang Tersukses di Dunia

Kita semua mengawali pagi dengan berbagai cara masing – masing. Ada yang paginya benar – benar pagi saat masih gelap, ada pula yang sudah matahari sepenggalan. Ada yang memulai dengan secangkir kopi ada juga yang memulainya dengan air putih dilanjutkan dengan berolah raga. Memang sangat banyak cara yang bisa kita pilih untuk memulai menjalani hari, tak terbatas.

Lalu, pernahkah anda penasaran dengan mereka yang sangat – sangat sukses? Pernahkan anda berpikiran untuk tahu bagaimana mereka mengawali pagi harinya agar anda bisa meniru kesuksesan mereka?

Sungguh beruntung Anda berada di Kamtify.com, karena saya akan membagikan tepat apa yang anda pertanyakan itu!

Memulai Rutinitas Pagi Ala Orang Tersukses di Dunia

Kenapa Memulai Rutinitas Pagi Perlu Hati – Hati?

Sebelum memberikan beberapa contoh dari rutinitas paginya orang – orang sukses, mungkin kita perlu tahu dulu alasannya, kenapa dalam memulai rutinitas pagi kita harus hati – hati? Walaupun sebenarnya obvious juga sih, karena pagi hari adalah awalnya semua aktivitas, jadi dari awal kita pastikan semuanya terkendali.

Tapi ada beberapa keuntungan lain dari memperhatikan cara memulai rutinitas pagii ini yang perlu kamu ketahui;

Saat pagi kita memiliki tekad yang kuat

Studi menunjukkan bahwa di pagi hari kita diliputi tekad yang paing banyak dibanding saat – saat setelahnya. Seiring berjalannya hari, tekad yang kita miliki tadi akan menurun terus menerus.

Jadi saat pagi kita dianjurkan untuk melakukan tugas – tugas yang memerlukan tingkat fokus yang tinggi, sebelum kesadaran diri  menjadi lemah dan kehabisan tekad. Dari berbagai penelitian dan analisa hingga Mark Twain saran yang disampaikan intinya sama, kerjakan tugas terberatmu dahulu!

Eat a live frog first thing in the morning, and nothing worse will happen to you the rest of the day.
(Makanlah katak hidup pertama kali di pagi hari, maka tak ada hal lebih buruk yang akan terjadi sepanjang hari)
Mark Twain

Maksud dari katak hidup ini adalah tugas yang paling memerlukan perhatian kita, hal paling penting yang sepatutnya kita selesaikan. Jika kita sudah mengerjakannya di pagi hari, maka kita tidak akan perlu khawatir akan hal – hal lain jika dibandingkan dengan tugas tadi tidak lebih penting.

Quote di atas bahkan telah menjadi sebuah inspirasi atas beberapa buku terkenal dalam pengembangan diri seperti Eat That Frog oleh Brian Tracy.

Daftar Esok Hari

Lantas caranya agar kita bisa menemukan tugas berat itu bagaimana? Sederhana. Kita buat daftar hal yang perlu kita kerjakan esok hari.

Menurut Gina Trapani, Founder Lifehacker, hal pertama yang dilakukannya adalah menemukan katak ini. Kemudian di akan menulisnya dalam secarik kertas, pastikan catatan ini adalah hal yang anda lihat pertama kali keesokan harinya saat berada di tempat kerja.

Buat daftar di akhir waktu kerja, dan ikuti daftar itu keesokan harinya. Selalu diulang seperti itu.

Satu Pertanyaan Sederhana di Pagi Hari oleh Steve Jobs

Dalam sebuah acara wisuda di Stanford University pada tahun 2005, Steve Jobs memberikan sebuah pidato yang sangat terkenal, di dalamnya ada banyak petuah yang bisa kita ambil.

Saya menjadikan video ini sticky di twitter saya. Bahkan teman saya David Khoirul mengalih bahasakan pidato ini ke dalam Bahasa Indonesia, simak videonya di sini kalau ada waktu.

Rutinitas pagi yang dilakukan Steve Jobs juga disampaikannnya yaitu memulai harinya dengan sebuah pertanyaan sederhana;

For the past 33 years, I have looked in the mirror every morning and asked myself: “If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do today?”

And whenever the answer has been “No” for too many days in a row, I know I need to change something.

Selama 33 tahun, saya selalu melihat di cermin di pagi hari lalu bertanya: “Jika ini adalah hari terakhir dalam hidupku, apakah aku ingin mengerjakan apa yang akan aku lakukan hari ini?”

Jika jawabannya “Tidak” terus – menerus selama beberapa hari, Saya tahu ada hal yang harus dirubah.

Efek yang sangat signifikan benar – benar akan kita dapatkan jika kita mengikuti kebiasaan ini bukan?

4 Orang Sukses Memulai Rutinitas Pagi

Setelah anda tahu bahwa tekad anda paling besar di pagi hari, tentang memakan katak dan pertanyaan powerful dari Steve Jobs tadi, sekarang saya akan menyampaikan cara orang – orang sukses dalam memulai rutinitas pagi.

Margaret Thatcher, mantan perdana menteri Inggris

Sebagai seorang perdana menteri, Margaret Thatcher  memulai hari dengan bagun saat hari masih gelap, lantas mendengarkan sebuah program radio Farming Today dari BBC. Ya, dia mencari inspirasi paginya saat suasana masih tenang sehingga menjadi bekal yang bagus untuk menjalani harinya.

Benjamin Franklin, salah satu bapak bangsa Amerika Serikat

Salah satu bapak bangsa negara adidaya di Dunia, Benjamin Franklin membagi hari – harinya dalam beberapa blok. Mulai dari pagi hari, siang hari, sore dan malam, beserta daftar kegiatan yang masuk dalam rentang waktu tersebut.

Memulai Rutinitas Pagi ala Benjamin Franklin

Saat pagi, pertanyaannya adalah “Kebaikan apa yang harusnya aku lakukan hari ini?” Lantas setelah sepanjang hari beraktivitas, maka sorenya ada evaluasi dengan sebuah pertanyaan lainnya “Kebaikan apa yang sudah aku lakukan hari ini?”.

Kita juga melihat bahwa rutinitasnya dibuat sedemikan teratur, memulainya dari jam 5 pagi dan mulai istirahat dari jam 10 malam.

David Karp, founder Tumblr

David Karp tidak membuka emailnya hingga dia tiba dikantor pukul 9 atau 10 pagi, setelah berjalan kaki 15 menit dari rumah atau kadang kurang jika menggunakan Vespa. Sesampainya di kantor yang dia lakukan adalah membuka email, inbox pertama berisikan email dari staff Tumblr dan kekasihnya saja.

Lantas dia akan beranjak ke folder ‘campuran’ dari inbox lainnya sembari membuat daftar kegiatan yang perlu dilakukan pada hari itu.

Craig Newmark, founder Craigslist

Craig Newmark memulai harinya dengan menjadi Customer Service, yaitu dengan menampung dan menjawab – pertanyaan – pertanyaan daripara customernya.

Mungkin dengan demikian akan menjadikannya lebih terorientasi pada pengguna ya.

Tips memulai rutinitas pagi

Beberapa tips memulai rutinitas pagi yang lebih efektif mungkin adalah sebagai berikut;

  1. Sarapan yang baik, tidak harus banyak dan boros waktu.
  2. Dengarkan jam di tubuh anda. Lakukan pekerjaan kreatif saat anda perasaan anda berada pada kondisi terbaik.
  3. Buat alarm untuk tidur baik untuk memulai atau untuk bangun pagi.
  4. Kosongkan berbagai pemberitahuan di malam hari, pastikan pemberitahuan smartphone mati saat malam.
  5. Buat rutinitas pagi di akhir pekan juga.
  6. Awasi kebiasaan anda dan pahamilah diri Anda.

Info: Artikel ini diterjemahkan dan disadur secara bebas dengan ijin tertulis dari blog Buffer. Buffer adaah penyedia layanan Social Media management yang memungkinkan Anda mengatur semua posting di social media dengan menjadwal, menerbitkan dan menganalisa posting Anda.

Bagaimana Kebiasaan Anda?

Ya, artikel diatas sebagian besarnya saya ambil dan terjemahkan secara bebas dari sumber di atas. Kebanyakan memang tokohnya dari luar, karena artikel terjemahan, mungkin nanti bisa kita mencari tahu dari para eksekutif dalam negeri ya.

Saya sendiri sih masih dalam proses untuk menjadi lebih baik dalam membangun kebiasaan pagi ini. So far, yang saya lakukan seperti dalam tips di atas adalah menyetel alarm di pagi hari sebelum Subuh dan berusaha bangun untuk bisa Subuh berjamaah di masjid.

Selebihnya untuk aktifitas yang berkaitan dengan blogging dan menulis, saya masih berusaha menemukan ritme yang sesuai dengan jam tubuh saya.

Apakah anda juga sedang berusaha untuk membangun rutinitas pagi yang efisien dan kreatif? Jika iya semoga artikel ini membantu. Jangan ragu untuk membagikannya di sosial media kepada teman – teman anda.

Jika anda sudah memiliki sebuah rutinitas yang sangat sesuai, silahkan dibagikan dalam kolom komentar 🙂

Tinggalkan Balasan