Posted on

Captain America: Civil War, Perseteruan Para Avengers

Captain America: Civil War Siberia Duel

Captain America: Civil War. Kenapa pula ini ada Civil War (Perang Saudara) apa yang mereka perebutkan atau siapa sesungguhnya musuh mereka? Dan bagaimana akhirnya, siapa yang bertahan, apakah Iron Man tewas?

Itulah berbagai pertanyaan yang menjadi ganjalan, karena trailer yang selama ini kita dapatkan, memperlihatkan Avengers terbelah menjadi 2, berperang perang dengan sesama anggotanya. Namun sebenarnya, yang akan kamu saksikan nantinya adalah pertarungan yang sangat menghibur, saya jelaskan nanti.

Walau dalam judulnya memang Captain America, namun film ini lebih tepat disebut Avengers seri terbaru, karena ikatan ceritanya erat dengan Age of Ultron, dan hampir semua tokoh Avengers ada dalam film ini.

Selain Hulk dan Thor yang absen, dalam film ini justru ditambahkan tokoh – tokoh baru yang sebelumnya sudah dikenalkan dari film – film mereka sendiri: Spider Man, Ant Man. Dan tokoh yang sama sekali asing sebelumnya juga hadir, Black Panther.

Melihat keseluruhan film – film tersebut terlebih dahulu mungkin diperlukan biar makin ngeh dengan ceritanya karena paham tiap – tiap karakternya.

Captain America: Civil War, Alur Cerita

Ditarik ke tahun 1991, saat Sersan James Barnes (Bucky), Winter Soldier dicuci otaknya agar patuh pada orang yang mengucapkan ‘triger words’ tertentu. Selanjutnya dia mendapat misi untuk merampas cairan biru dari seorang ilmuwan, cairan ini adalah sebuah cairan yang dipakai untuk membuat pasukan Winter Soldiers lainnya.

Maju ke hari ini, setahun setelah kejadian Avengers: Age of Ultron team Avengers yang dipimpin Captain America berusaha melakukan upaya pencegahan sebuah upaya pencurian sebuah bioweapon.

Pertunjukkan mencengangkan langsung disuguhkan saat musuh berusaha untuk membobol masuk gerbang fasilitas penyimpanan senjata itu hingga pertempuran di pasar yang ramai warga sipil.

Keadaan menjadi kacau saat Wanda, sang gadis misterius dengan kemampuan seperti mutant di Age of Ultron lepas kendali dengan kekuatannya, berniat menyelamatkan Captain America tapi justru mengakibatkan sebuah gedung meledak dan belasan orang Wakanda tewas.

Sokovia Accord

Karena kehancuran – kehancuran yang selalu saja diakibatkan Avengers tiap melakukan upaya menangkal kejahatan. Mulai dari New York, Wasingthon dan Sokovia yang hancur berantakan tiap mereka kedatangan musuh, Avengers akan diawasi oleh PBB melalui perjanjian Sokovia.

Perjanjian Sokovia ini menjadikan Avengers terpecah, Iron Man, Vision, War Machine, Black Widow setuju, sementara Captain America menolak karena yakin mereka lebih baik beroprasi sendiri. Di belakang Captain America ada teman karib keduanya, Falcon.

Dalam sebuah pertemuan di Vienna untuk membahas Sokovia Charter, raja Wakanda (King T’Chaka) tewas karena ledakan sebuah bom dari luar gedung. Anaknya, Pengeran T’Chala yang menyadari keanehan di luar gedung dan berusaha melindunginya gagal, dia bertekad untuk balas dendam.

Dari rekaman CCTV, nampak bahwa Sersan Barnes/Bucky, sang Winter Soldier adalah pelaku pengeboman itu. Captain America yang merupakan teman kecilnya dan Falcon berusaha mencari Winter Soldier walau sudah diperingatkan Black Widow bahwa mereka akan dianggap kriminal dengan bertindak sendirian.

Captain America percaya bahwa Bucky yang dikenalnya dulu, teman kecilnya yang sama – sama telak dibekukan puluhan tahun masih bisa diajak menjadi orang baik.

Captain America membantu Winter Soldier dari kepungan pasukan PBB, saat diluar gedung, tiba – tiba Winter Soldier diserang seorang misterius, dengan cakar yang sangat tajam dan helm seperti binatang buas.

Dialah Black Panther, yang tak lain adalah Pangeran T’Chala. Pangeran negeri Wakanda yang merupakan satu – satunya negara sumber Vibranium, material yang dipakai untuk tameng Captain Amerika dan pelapis tubuh Vision.

Bukan hanya Bucky yang ditahan, Falcon, Captain America dan Black Panther juga sama – sama tertangkap. Peralatan mereka disita, kecuali Bucky yang ditahan ketat.

Dokter yang menginterogasi Bucky dibunuh dan digantikan dokter palsu yang ingin mengetahui fasilitas yang dipakai untuk membekukan Winter Soldier yang lainnya di Siberia. Menggunakan kata – kata kunci yang diciptakan HYDRA dia ubah Bucky menjadi jahat lagi.

Markas PBB jadi ajang peperangan lagi, dengan porsi yang tidak seimbang karena tidak ada Avengers yang bersiap dengan kostum sama sekali. Saat Bucky akan pergi dengan helikopter, Captain America menangkap dan mencegahnya lepas landas. Keduanya akhirnya terjun bersama helikopter yang hancur ke sungai, Bucky tidak sadarkan diri, Captain America membawanya menghilang.

Iron Man Team vs Captain Team

Mengetahui Winter Soldiers yang dibekukan akan dibangkitkan, Captain America dan timnya akan menyusul ke Siberia. Saat berada di Bandara Leipzig Mereka dihadang oleh Iron Man dan super hero lainnya yang menganggap Captain America punya rencana jahat bersama Bucky dan  timnya.

Captain America: Civil War Iron Man Team
Black Panther, Vision, Black Widow, War Machine (minus Spider Man)

Kedua tim bertempur di bandara ini, apalagi sebelumnya tiap tim memiliki masalah masing – masing. Tim Captain America tak ada waktu dan berusaha mendapat sebuah pesawat jet ke Siberia.

Tim Iron Man ingin mereka menyerahkan diri dan tidak kabur lagi kemana – mana.

 

Captain America: Civil War Capt Team
Bucky, Wanda, Capt. America, Hawkeye, Ant Mant dan Falcon

Dengan berbagai kemampuan unik yang dimiliki masing – masing, semua hal terjadi di sini, mulai baku hantam, panah, tembakan, ledakan, sinar laser dan bahkan jaring laba – laba hadir dalam pertempuran di sini.

Walau pertempuran dengan habis – habisan, namun sesekali ada dialog lucu pada pertempuran ini. Terutama dipicu oleh anak SMA yang dipaksa ikut berperang Iron Man, ya, Spider Man. Bersiaplah untuk kaget di sini, karena nanti juga ada Ultraman. Silahkan dilihat sendiri kalau tidak percaya 😛

Pertempuran ini berakhir tragis di pihak tim Iron Man, karena War machine sekarat saat tanpa sengaja tertembak laset dari dahi Vision. Semua anggota tim Captain America akhirnya ditangkap kecuali Bucky dan tentunya Captain America sendiri yang bisa meloloskan diri karena dibantu Black Widow.

Pertempuran di Siberia

Penasaran kemana perginya Captain America, Tony Stark menanyai Falcon yang ada di penjara bawah laut. Setelah diyakinkan Falcon memberikan informasi adanya Winter Soldier lain yang jika sampai bebas bisa digunakan untuk kejahatan apapun. Bahkan membuat sebuah negara runtuh tanpa ada pihak yang mengetahuinya.

Captain America: Civil War Siberia Duel
Captain America: Civil War, Pertarungan di Siberia

Dan itu pulalah yang pernah dikatakan oleh dokter yang menjadikan Bucky jahat lagi saat ditahan di gedung PBB kepada Tony Stark. Mengetahui bencana akan terjadi, dan ternyata selama ini dia salah, Tony Stark menyusul ke Siberia untuk membantu. Tapi endingnya Iron Man justru dihajar.

Misteri Captain America: Civil War

Banyak pertanyaan masih tersisa dari tulisan saya, kenapa setelah Iron Man datang ingin membantu justru dia dihajar? Kenapa mereka tidak melawan para Winter Soldiers yang dibebaskan? Siapa sebenarnya dokter yang membebaskan Bucky dan mngubahnya jadi jahat lagi?

Dan yang lebih penting, seperti pertanyaan di awal, apakah Iron Mas tewas karena dikeroyok ini?

2 comments Captain America: Civil War, Perseteruan Para Avengers

  1. saya sudah tidak mengikuti kisah film super hero, hehe tapi film seperti ini menarik dinikmati secara visul. efek2 nya kereeen

    1. Iya mas, menariknya kadang ya lihat – lihat efeknya, buat cerita kadang mirip – mirip ya. Kalau tak gagas – gagas ini ceritanya mirip sama Iron Man 3.

Leave a Reply