Posted on

Review Buku Efek Terima Kasih by John Kralik

Review Buku Efek Terima Kasih by John Kralik

Efek Terima Kasih; Tindakan Bersyukur Sederhana yang Mengubah Hidup. Begitulah judul salah satu buku yang beberapa waktu lalu saya selesaikan untuk membaca.

Ini juga sebuah buku yang saya membelinya dengan cara – coba – coba membeli secara online di bukabuku.com pertama kali.

Buku ini membahas efek positif dari tindakan berterima kasih yang menjadikan kehidupan John Kralik yang berantakan di akhir tahun 2007 menjadi semakin membaik, bahkan saat ekonomi Amerika diterjang krisis tahun 2008 usahanya yang semua hampir bangkrut justru bisa bertahan.

Bersyukurlah, maka rezekimu akan bertambah

Konsep bersyukur seperti ini sangat sesuai dengan prinsip hidup keyakinan yang saya miliki. Bahwa dengan bersyukur maka akan bertambah besar rezeki dan karunia yang akan dilimpahkan-Nya kepada kita.

Review Buku Efek Terima Kasih by John Kralik
Buku Efek Terima Kasih by John Kralik

Buku ini menunjukkan bukti akan prinsip itu dengan sangat sederhana namun menggugah. John Kralik menuliskan cerita kehidupannya dengan sangat terbuka apa adanya dan santun.

Usaha firma hukum John Kralik terancam bangkrut, perceraian membayangi pernikahan keduanya, apartemen yang sangat tidak nyaman dan berbagai masalah lainnya menjadikannya sangat depresi. Hingga saat salah satu temannya mengunjunginya dan mereka bertemu dan bertukar pikiran merasa kasihan sekali dengan caranya terlihat. Namun komentar temannya justru menilai keadaannya ‘tak seburuk itu’.

Penghujung tahun 2007, dalam kepenatannya dia berjalan – jalan menuju sebuah gunung kecil di tepian Los Angeles, tempat dia tinggal. Mengunjungi sebuah reruntuhan hotel di atas gunung yang dulunya ramai namun sekarang sepi. Tak tahu kenapa, pada akhirnya dia teringat kenangan masa kecil dengan kakeknya.

Tentang pemberian, sebuah pemberian uang satu dollar dan janji kakeknya kalau dia mengirimkan surat terima kasih maka dia akan diberi uang lagi. Dia melakukannya saat itu, dan memang dia mendapatkan lagi uang satu dollar.

Memperbaiki hubungan dengan ucapan terima kasih

Setelah kejadian itu dia jadi terinspirasi, sepulangnya dia putuskan untuk menulis surat – surat ucapan terima kasih kepada orang – orang yang selama ini memperhatikannya namun dia sendiri kurang memperhatikan.

Dia mulai melihat kado – kado natal yang diterimanya, lalu menuliskan kartu ucapan terima kasih kepada pemberinya. Pacarnya yang belakangan hubungan mereka menggantung, membalas kartu ucapannya dengan balasan yang melegakan dan hubungan mereka pun berjalan lagi dengan baik.

Saat hendak mengirimkan ucapan terimakasih kepada anak pertamanya dari pernikahannya terdahulu, dia baru tersadar, dia tak tahu dimana anaknya itu tinggal.

Semakin sadar bahwa hubungan antara dia dan orang – orang di sekelilingnya begitu ‘tak bisa diterima’, diputuskannya untuk menelepon anaknya untuk bertanya, justru anaknya mengajak untuk berkumpul. Baru niat mengirim surat saja sepertinya dia sudah dimudahkan.

Tanpa diduga, saat bertemu dan makan siang, putranya sekaligus mengembalikan uang ‘pinjaman’ yang dianggapnya sudah tak akan kembali lagi.

How amazing, efek dari berterima kasih.

Proyek 365 surat satu tahun

Karena melihat dan menyadari berbagai hal baik berdatangan setelah dia menuliskan surat – surat ucapan terima kasih ini kepada orang – orang yang ada di sekitarnya. Dia putuskan untuk membuat surat ucapan terima kasih sebanyak 365 sepanjang tahun.

Mulai dari pemilik apartemen, sekretaris, barista Starbucks hingga rekan kerjanya terdahulu, semua dia kirimi surat akan hal – hal sederhana yang telah mereka lakukan. Dia senantiasa mencari – cari cara menemukan kebaikan orang lain dan menuliskan surat ucapannya itu.

Karena melihat ketulusan dalam setiap suratnya ini, semakin banyak kebaikan dari orang – orang yang ada di sekelilingnya yang ia rasakan dan dapatkan.

Banyak dari mereka bahkan sampai menangis karena haru dengan ucapannya. Usahanya yang sebeloumnya stuck kembali lancar, klien yang tagihannya teratur semakin lebih baik lagi.

Masih banyak lagi kebaikan – kebaikan yang diceritakan dalam buku ini tentang efek terima kasih. Saya bahkan terinspirasi untuk menuliskan beberapa hal yang patut saya syukuri hari itu tiap malam sebelum tidur karenanya.

Tidak kecewa saya membaca buku ini, kebanyakan buku terjemahan agak sulit dicerna, namun buku ini relatif mudah untuk dipahami.

Leave a Reply