Posted on

Prosedur Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

UNBK 2016 - EXAMBROWSER

Mengerjakan Ujuan Nasional Berbasis Komputer (UNBK) mungkin bagi calon siswa pesertanya ada yang sedikit menakutkan atau membuat kurang nyaman. Apalagi kalau sebelum ini sekolah yang menjadi tempat menuntut ilmu belum ikut mengadakan UNBK.

Sebenarnya, mau UNBK atau test UN PBT, soalnya tidak akan jauh beda. Yang sangat membedakan antara UNBK dengan Ujian Nasional yang lainnya adalah cara mengerjakannya dan cara mengakses soalnya saja.

Ujian Nasional Berbasis Kertas (Paper Based Test)

Untuk mengerjakan Ujian Nasional dengan sistem PBT, siswa menyiapkan alat tulis lalu menerima lembar soal dan lembar jawab sebagai media untuk mengerjakan soal – soal yang diberikan. Jawaban siswa nantinya akan dikirim ke Dinas Pendidikan untuk diproses menulu langkah selanjutnya agar nilai siswa keluar.

Distribusi soal dari percetakan ke sekolah – sekolah membutuhkan transportasi dan pengamanan yang lebih ketat. Yang pada akhirnya menjadikan cost pelaksanaan ujian nasional menjadi banyak, mulai dari pengadaan kertas, pencetakan, distribusi hingga pengamanan soal sendiri.

Itu pun masih tidak bisa menjamin kerahasiaan soal 100%. Terbukti dengan masih sering kita dengar berita beredarnya kunci jawaban Ujian Nasional.

Pengerjaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Dalam UNBK siswa hanya perlu untuk belajar, mempersiapkan diri dan mental sekuat hati. Datang dan memasuki ruang ujian tanpa perlu repot – repot membawa alat tulis. Paling maksimal membawa bolpoint nanti dibuat untuk menghitung saat soal yang dihadapi berkaitan dengan perhitungan.

Selebihnya tinggal klik pilihan ganda yang ada di layar (yang tampil melalui Exam Browser) saat mengerjakan.

Langkah mengerjakan ujian UNBK

  1. Hadir dalam ruangan sesuai jadwal yang ditentukan pusat.
  2. Siswa login dengan menggunakan Username dan Password

    UNBK 2016 - EXAMBROWSER
    Siswa login via Exam Browser
  3. Periksa data diri, nama, sekolah, jurusan dan soal yang akan dikerjakan
  4. Siswa diberi TOKEN oleh petugas Proktor untuk membuka soalnya.
  5. Mulai mengerjakan dengan memilih jawaban yang dianggap benar di komputer.

Catatan dalam user interface Exam Browser setelah login

  1. Bila jawaban ada yang meragukan bisa diberi tanda,
  2. Ada peringatan saat mau menyelesaikan mengerjakan ujian tapi masih ada soal yang ditandai meragukan.
  3. Bisa mengacak untuk mengerjakan soalnya, ada sidebar untuk menampilkan index nomor soal.
  4. Di bagian atas ada jam untuk melihat sisa waktu.
  5. Soal listening ada player audionya (berbasis web) hanya bisa diputar sekali saja.
  6. Jika soal tidak tampil sempurna, bisa ditekan F5
  7. Jika ada komputer bermasalah, jangan panik, lapor saja ke proktor,
  8. Jika terpaksa pindah komputer, jawabanmu akan tetap tersimpan.

Soal di download dari server pusat, langsung ke server lokal yang tak akan tertukar karena adanya serial dan ID server. Tidak perlu ada kertas untuk mencetak soal, tidak perlu ada biaya pencetakan, dan tidak perlu pengawalan ekstra dari pihak polisi dan sebagainya, karena saat berada di server lokal pun, soal berupa berkas digital ter-enkripsi.

Karena sifatnya yang seperti ini, keamanan soal UNBK bisa terjaga, tidak akan ada orang yang menjual kunci jawaban UNBK. Jadi jangan percaya begitu saja kaalu ada yang ‘jualan kunci jawaban Ujian Nasional’. Kemudahan lainnya dalam UNBK ini adalah siswa bisa menandai jawabannya yang meragukan. Sehingga bisa kembali mengerjakan soa tersebut dengan efisien.

UNBK Efisein, Ujian Perbaikan 2 Kali Setahun

UNBK sangat efisien, karena dalam distribusi dan pembuatan soalnya tidak diperlukan cost yang sebegitu mahalnya dibanding paper based test. Karena efisien ini, rencananya nanti juga akan diadakan Ujian Nasional Perbaikan (UNP) bagi siswa yang nilai Ujian Nasionalnya masih di bawah standar minimal. Bukan hanya sekali, dala setahun nanti akan dilaksanakan 2 kali ujian perbaikan.

Biasanya UNP dilaksanakan sesaat sebelum UNBK (sekitar Februari dan juga sekitar September). Informasi tentang pendaftaran bisa dilihat du web UNP Kemdikbud.

Kekurangan UNBK

Well, tak ada gading yang tak retak. Paling tidak masih juga ditemukan beberapa kekurangan secara teknis dalam UNBK, saya sebagai teknisi tidak akan membagikannya di sini. Biar didiskusikan dalam forum yang lebih tepat saja nanti.

Namun dari segi usability, dari pengalaman saat simulasi kemarin, ada sebagian siswa yang tidak kuat berlama – lama memandang monitor komputer. Sejauh ini mungkin hal ini masih belum diperhitungkan oleh sekolah dan juga Puspendik sebagai penyelenggara.


Disclaimer: Saya menuliskan artikel ini setelah diklat sebagai teknisi UNBK dan telah menjadi teknisi UNBK sejak tahun 2014-2016. Tapi saat ini saya sudah resign dari instansi sekolah saya dulu, jadi untuk pertanyaan detil yang macam-macem dalam komentar saya tidak bisa menjawab dengan akurasi 100%. Kadang saya memilih menghapus komentar yang saya tidak bisa menjawab.

25 comments Prosedur Mengerjakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

    1. Biasakan tertib saja, daripada data yang lain tidak bisa langsung terupload karena anda masih terdeteksi mengerjakan. Kalau sampai terjadi seperti itu nantinya saat waktu tes berakhir otomatis akan dinyatakan selesai.

  1. Mau bertanya kak,kalo sudah mengerjakan soal tetapi masih ada tanda ragu2(kuning) tetapi sudah diisi dan ke logout karena kehabisan waktu,apakah jawabannya tersimpan?terima kasih

  2. mau nanya nih. saya kan tadi unbk b.indo. waktunya itu tersisa 5 menit. tapi saya salah logout. seharusnya kan mencet tanda selesai lalu centang 2 kali baru logout. tapi saya tadi mencet yg logout atas, tanpa tanda centang. lalu kata pengawas saya itu salah. lalu saya disuruh login lagi tapi dengan token yg berbeda. lalu waktunya kurang 1 menit. ketika saya masuk soalnya sama dan sudah terjawab semua. lalu saya keluar sesuai prosedur. apakah nilai saya bisa masuk ke dinas?

  3. tanya kak…apakah jawaban yg sdh tersimpan bisa terjamin keaslianya…mungkinkah stlh di simpan ke server lokal bisa dan blm di kirim ke pusat bisa di buka orang lain yg iseng dan merubah jawaban yg tlh tersimpan…mksh kak

  4. kak mau tanya, jd tadi saya un trus udh sisa waktu beberapa detik, pas mau klik selesai eh waktu udah keburu habis jadi gak sempet klik selesai, akhirnya keluar otomatis & tulisannya “terimakasih telah berpartisipasi blablablabla” .. kira2 itu jawaban saya ke simpen & nilai saya masuk gak yaa kak?

  5. Mas, pengawas ujian bisa ganti2 jawaban murid gak sih? misalnya kan waktu uda abis ya, terus si pengawas log in ke akunnya si murid, terus diganti2 jawabannya. Bisa gitu gak?

  6. Sy mau tanya….
    Ada kasus saat semua jawaban terisi, kemudian setelah klik selesai dan itu tidak ada respon… normalnya setelah klik selesai akan ada tampilan Alhamdulillah. Pada kasus ini tidak ada kata itu. Sehingga di server tetap tertera SEDANG MENGERJAKAN UJIAN….
    mohon bantuannya…

    1. Kalau kasusnya begitu, anda sebagai teknisi misalnya, ya siswa disuruh login lagi, suruh mengakses halaman ‘selesa’ dengan benar, kalau nggak bisa ya biarkan login sampai waktu habis, otomatis jadi berakhir nanti statusnya.

  7. Kak mau nanya dong? Tadikan saya sudah selesai kan tindakan selanjutnya kan yang tinggal centang, nah tadi saya pencet ke cancel, tapi pas saya klik tombol selesai, langsung keluar? Itu jawaban masih ada atau gimana kak? Mohon jawabannya

    1. Kalau ke save logikanya ke save, tiap beberapa menit server menyimpan jawaban kok. Tapi dari banyak yang tanya harusnya 2 kali tapi cuma sekali ini tanya saja ke proktornya bua lebih yakin. Soalnya saya sudah 2 tahun ini resign dari sekolah saya bekerja dulu, jadi tidak tahu teknis terbaru seperti apa 🙂

  8. Kak mau nanya kn tadi waktu aku ngerjain matematika waktu tersisa tinggal 1 menit lagi sudah itu aku pencet selesai paa mau pencet selesai kn ada tanda peringatan yg dua kali benar benar sudah mengerjakan tpi tanda peringatan itu muncul cuman 1 kali itu nggk apa apa kak,atau kesimpan enggk?

  9. Mas saya ingin bertanya tadi kan saya mengikuti unbk matematika. Saya sudah mengisi semua jawaban tanpa ad jawaban ragu2. Tapi mungkin dikarenakan waktunya habis, komputernya langsung memunculkan pilihan logout. Jadi saya tidak sempat mengeklik centangnya terlebih dahulu. Kalo seperti itu apakah jawaban saya tersimpan walaupun saya tidak mengeklik centang dikarenakan waktunya habis?? Maaf saya bertanya dua kali saya lupa untuk ngeklik notify via email

Tinggalkan Balasan