Posted on

Themes WordPress Terbaik dari WordPress[dot]com

WordPress Themes Terbaik - WordPress_com

Themes WordPress terbaik itu bisa didapat dari mana saja sih? Apakah kita harus membeli themes premium yang harganya puluhan dollar atau bahkan ratusan dollar untuk lisensi all-in-one, pro package atau developer edition?

Mungkin bagi sebagian kita yang masih awam tentang memilih sebuah themes WordPress sering kebingungan untuk menemukan themes WordPress terbaik bagi dirinya. Nah tujuan posting saya kali ini adalah untuk membantu kamu menentukan themes WordPress terbaik bagi kamu ini.

Pengalaman saya menggunakan themes premium

Saya sendiri sudah pernah membeli themes WordPress premium dari berbagai theme shop popular dari luara negeri. Mulai dari yang agak kurang dikenal seperti TeslaThemes, Themefuse dan Templatic, hingga yang lebih terkenal seperti Themify dan bahkan StudioPress(aff). Pendapat saya sih berbeda – beda tentang kualitas themes yang mereka sajikan.

Ketiga theme shop pertama tidak saya pakai lama karena saya mendapati themes yang dijual loadingnya lemot (TeslaThemes, saya membeli pertama kali theme shopo itu buka), ada yang sulit di kostumisasi atau yang memanjakan dengan shortcode, tapi membuat saya kesulitan saat ganti themes karena tombol yang semula menarik untuk di klik justru jadi hancur tidak karuan.

StudioPress merupakan salah satu themes yang saya pakai cukup lama, saya sangat tertarik dengan themes ini sejak lama karena komunitasnya yang relatif besar. Dengan berbagai macam tutorial dan plugin yang bisa di temukan untuk melakukan customisasi themes ini.

Saya pernah punya keinginan untuk belajar lebih banyak themes ini dan kelak bisa membuat web services dengan berbasis Genesis Framework, business model yang sudah banyak dijalankan beberapa nama besar di jagat online.

Dengan harga $60 design yang ditawarkan memang terkesan standar, seperti themes biasa saja. Banyak perubahan bisa dilakukan dengan menambahkan plugin yang secara spesifik bekerja dengan Genesis Framework, atau belajar hooks dan actions yang saya belum sempat mendalami hingga saat ini 🙁

Lalu pengalaman terakhir adalah menggunakan themes Premium dari Themify (aff). Saya sudah lama ikut program affiliate dari Themify juga, tapi baru memutuskan untuk menjajal themes premiumnya sekitar dua bulan yang lalu. Alasannya sederhana, harga themes yang murah, apalagi sering ada diskon dan kalau beli satu themes pasti dapat bonus satu themes lainnya, tinggal pilih sendiri.

Yang saya temukan dari themes yang dijual Themify adalah themes – themes dengan tingkat konversi iklan yang ciamik. Saya menjajal themes mereka di AboutTiyo.web.ID dan juga di WPKamt.com

Semenjak menggunakan Themes dari Themify, klik iklan AdSense yang ada di sana meningkat, traffik yang ada saya rasakan memang kadang meningkat juga, tapi kalau melihat sekilas saja tampilannya, sudah bisa dipastikan kalau iklannya akan memiliki lebih banyak peluang di klik pembaca.

Terlebih Themify memiliki builder, yang memungkinkan user untuk mendesign websitenya dengan lebih mudah dan sederhana. Dibanding dengan StudioPress, Themify memiliki lebih banyak pilihan untuk memanjakan user, ada lebih banyak customisasi yang bisa dilakukan dengan tinggal klik sana – sini. Walau mungkin bag sebagian yang lain justru bisa membingungkan sih.

Untuk shortcode, Themify juga menempuh jalan yang lebih baik dari beberapa theme shop yang sebelumnya, mereka merilis plugin tersendiri(aff) berkaitan dengan shortcode ini. Saat kamu menggunakan themes dari Themify kamu bisa menggunakan shortcode themify, pun saat kamu menggunakan themes dari developer lain.

Themify adalah penyedia themes premium dengan harga terjangkau dan fitur yang saya yakin disukai kebanyakan pengguna WordPress.

Bagaimana dengan Themes WordPress Gratis?

Themes gratis juga bisa dipertimbangkan bagi pengguna WordPress. WordPress.org memiliki ribuan themes gratis yang sudah lolos seleksi dari tim Theme Review. Walau themes dari sana biasanya cenderung terkesan ala kadarnya, bahkan ada yang hanya merupakan umpan dari developer themes premium untuk menarik pelanggan baru dengan merilis themes yang fiturnya dibatasi. Jika ingin fitur lengkap bisa membeli themes premiumnya.

WordPress.org - Free WordPress Themes Terbaik

Pilihan kedua tentang themes gratis yang berkualitas adalah dengan mengunjungi WordPress.com. Saya menilai themes yang mereka miliki jauh lebih bermutu, terutama tentang designnya. Karena themes yang ada disana adalah themes kualitas tinggi diperuntukkan bagi jutaan pengguna jasa blog gratis WordPress.com. Pastinya nilai estetika adalah sebuah faktor tersendiri juga yang sangat diperhatikan.

WordPress Themes Terbaik - WordPress_com

Di kamtify.com ini, saya putuskan untuk melakukan hal – hal yang berbeda pula, maka saya menggunakan themes dari WordPress.com juga. Kualitasnya saya rasa tidak kalah dengan StudioPress, bersih dan sederhana dari luar, keamanan codenya juga pastinya terjamin. Untuk customisasi juga relatif sama, relatif terbatas, berbeda dengan Themify.

Themes WordPress terbaik dari WordPress[dot]com?

Yang perlu digaris bawahi dalam menentukan themes WordPress terbaik adalah setiap orang memiliki kecenderungan sendiri berdasarkan sifat dan kemampuan teknisnya, juga harapannya. Kalau menurut saya themes premium seperi yang saya sebutkan diatas memiliki banyak keunggulan, juga banyak menu yang kadang membingungkan.

Sedang themes dari WordPress.com kualitas code, keamanan dan nilai estetikanya sudah dipertimbangkan untuk dipakai jutaan pengguna layanan WordPress.com pasti ada juga yang sesuai dengan anda. Koleksi themesnya banyak juga soalnya, kamu hanya butuh sebuah akun WordPress.com untuk bisa mendownload themes di sana dan menginstall di WordPress self-hosted kamu.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply